Pentingnya Kesadaran Diri dalam Menghadapi Covid-19

Seperti yang kita ketahui, Indonesia termasuk salah satu negara yang terinfeksi virus covid – 19. Penyebaran virus ini menjadi salah satu sorotan publik saat ini yang sulit diprediksi entah sampai kapan berakhirnya. Karena angka kasus terinfeksi virus covid – 19 ini setiap hari semakin bertambah.

Kurangnya kesadaran diri dari masyarakat membuat virus covid – 19 ini semakin hari semakin menambah pasien yang terinfeksi. Kini, setiap individu dituntut untuk memiliki kesadaran diri yang tinggi terhadap kesehatannya masing-masing. Selain itu, masyarakat juga dituntut untuk bertanggung jawab atas pencegahan penyebaran virus yang berbahaya ini.

Masih banyaknya masyarakat yang kurang memiliki rasa sadar diri membuat virus ini semakin menambah pasien yang terinfeksi. Contohnya saja, tidak sedikit masyarakat yang tidak menggunakan masker di tengah maraknya pandemic covid – 19 ini.

Tidak hanya itu saja, banyak juga masyarakat yang tidak mematuhi aturan yang diterapkan oleh pemerintah, dimana peraturan yang dikeluarkan pemerintah seperti PSBB masih banyak yang melanggar peraturan tersebut. Maka dari itu, tidak heran jika membuat pandemi covid – 19 ini setiap hari terus mengalami peningkatan setiap harinya.

Meningkatkan Kesadaran Kemanusiaan

Pemerintah melalui direktorat jenderal informasi dan komunikasi berharap masyarakat sadar pentingnya kesadaran kemanusiaan untuk menjadikan Indonesia akan semakin membaik dan bisa mencegah terus berkembangnya wabah virus corona covid – 19 ini. Namun kesadaran bersama diperlukan dalam menghadapi wabah ini. Dimana kebijakan pemerintah akan berjalan lancar secara efesien apabila masyarakatnya mengikuti dan melaksanakan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Oleh karena itu, pentingnya kesadaran kemanusiaan harus dilaksanakan dalam menghadapi permasalahan pandemi virus corona (covid – 19) ini. Dan dengan adanya kesadaran kemanusiaan ini akan meminimkan kasus terinfeksi virus covid 19 ini.

Meningkatkan kesadaran kemanusiaan di tengah pandemi virus ini merupakan cara yang paling sederhana untuk melakukan kepada sesama. Hal ini menegaskan ungkapan bahwa hidup kita bukanlah milik kita melainkan setiap orang tidak dapat terlepas dari peranan orang lain.

Sehingga apabila kita melakukan sesuatu kebaikan maka akan turut mendapatkan kebaikan seperti yang kita perbuat. Maka dari itu kesadaran merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai virus corona ini.

Kesadaran Apa Saja yang Harus Dilakukan?

Kesadaran yang diperlukan agar kita bisa memerangi virus corona (covid – 19) ini bisa dilakukan dengan mudah dan berguna bagi masyarakat banyak, yaitu : kita bisa melakukan dan mengikuti aturan yang dianjurkan pemerintah terhadap masyarakat untuk memutus mata rantai virus ini, baik itu dengan berdiam diri dirumah dan menerapkan pola hidup sehat.

Kita sebagai masyarakat harus menghargai usaha yang diterapkan oleh pemerintah dengan tidak keluar rumah dan kita harus mengikuti anjuran yang diberikan oleh para tenaga medis, karena mereka adalah pahlawan pada saat sekarang ini. Semua upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan tenaga medis kita tidak akan berarti jika masyarakat tidak mendukung upaya tersebut.

Dimana sebagai warga masyarakat yang baik kita hanya jangan bisa mengkritik saja tetapi kita juga harus bisa menginstropeksi diri kita sendiri. Kita harus meningkatkan kesadaran dan rasa kepedulian ditengah wabah virus yang dialami oleh Indonesia sekarang ini. Karena sesungguhnya bukan hanya kita sendiri yang hidup di dunia ini tetapi masih banyak juga jutaan manusia yang ingin hidup didunia ini.

Sehingga kita tidak boleh bersikap egois. Oleh karena itu meredam keinginan atau kemauan kita pribadi membuat kita terhindar dan tercegah dari virus ini. Dan mari bersama – sama membantu pemerintah, tenaga medis dan masyarakat banyak dalam melawan virus ini dengan meningkatkan rasa kepedulian kita sebagai manusia yang berguna untuk masyarakat banyak.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *